STUDI BANDING PERPUSTAKAAN AMINAH DAHLAN MTS PERSIS TAROGONG

Sebagai upaya mengembangkan perpustakaan sekolah, maka Perpustakaan dan Pustakawan Santri Aminah Dahlan MTs Persis Tarogong pada tanggal 19 Oktober 2023 melakukan Studi Banding ke Perpustakaan Harun Al-Rasyid MTsN 1 Garut yang merupakan satu-satu nya sekolah tingkat SMP/MTs di kabupaten Garut yang telah mendapatkan akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI pada September 2023.

Dra. Ai Lalah sebagai Kepala Perpustakaan MTsN 1 Garut bersama empat jajarannya serta perwakilan dari pustakawan menyambut rombongan di ruang baca perpustakaan.

“Tujuan dari kegiatan studi banding ini adalah untuk mengamati dan mempelajari kegiatan operasional dan sistem layanan perpustakaan juga mengenal organisasi pustakawan siswa sebagai tenaga tambahan pengelola perpustakaan,” ujar Abdul Latif M.Ag selaku pemimpin rombongan sekaligus Humas MTs.
Tini Engga Septiani, S.Pd, sebagai kepala Perpustakaan Aminah Dahlan, mengutarakan bahwa tujuan kegiatan studi banding ini adalah mencari wawasan, ilmu pengetahuan tentang pengelolaan perpustakaan yang berjalan di perpustakaan Harun Ar-Rasyid, baik manajemen layanan dan aktivitas perpustakaan lainnya. Selain itu, kegiatan ini pun bentuk silaturahmi sesama penggiat perpustakaan.

Pengelolaan perpustakaan dilakukan oleh lima staf perpustakaan yang terdiri dari seorang kepala perpustakaan, dan empat staf lainnya yang masing-masing membawahi bidang pengadaan dan pengolahan, sirkulasi dan pemeliharaan, referensi serta peningkatan minat baca siswa yang sekaligus menjadi pembina IPSM (Ikatan Pustakawan Siswa Madrasah). IPSM merupakan salah satu ekstrakurikuler yang bertugas membantu pengelolaan perpustakaan, dari kegiatan pengolahan bahan pustaka, pelayanan pemustaka sampai ke penarikan buku yang terlambat dikembalikan.

Jumlah pustakawan siswa yang dimiliki adalah sebanyak 60 orang dengan 2 kali kajian setiap minggu nya yang terdiri dari kajian literasi dan pengelolaan perpustakaan. Perpustakaan Harun Al-Rasyid sudah memiliki beberapa ruangan yang di butuhkan untuk pelayanan pemustaka mulai dari ruang baca, ruang referensi, ruang multimedia, ruang anak, gudang, kamar mandi sampai dapur sendiri. Koleksi buku yang dimiliki berjumlah sekitar 40.000 dan 100.000 eksemplar.

Setiap bulan September yang juga merupakan bulan gemar membaca diadakan kegiatan rutin berupa lomba-lomba yang berhubungan dengan Literasi.
Di tengah obralan tentang perpustakaan, Drs. H. Rusdi Saleh, M.Pd, kepala Sekolah MTSN 1 Garut hadir menyapa rombongan dan menyambut baik studi banding tersebut. Drs. Rusdi Saleh, M. Pd. pun menginformasikan bahwa pustakawan menjadi ekskul sendiri, yang berbeda pula dengan Eskul Buletin BASIK (bacaan siswa inovati dan kritis). Untuk menigkatkan minat baca siswa, ada reward bagi para siswa yang paling rajin mengunjungi perpustakaan dan paling banyak meminjam buku setiap bulannya.

Pustakwan santri Aminah Dahlan MTs. Persis Tarogong begitu antusias berdialog mencari tau bentuk aktiftas pustakawan siswa Harun Ar-Rasyid, yang terbagi menjadi 8 kelompok, sesuai dengan bidang yang ada di organisasi pustakwan siswa Harun Ar-Rasyid. “Kita beritikad akan mengambil hal baik dan positif dari aktiftas pustakawan Harun Ar-Rasyid”, ujar Abqory, pustakwan santri Aminah Dahlan MTs. Persis Tarogong.

Leave a Reply

This Post Has One Comment

  1. Luqman

    Nice

Tinggalkan Balasan