Asatid MTs. Persis Tarogong Ikuti Workshop Implementasi Kurikulum Yang diadakan oleh Pesantren

 

 

 

 

 

**Membuka Pintu Menuju Merdeka Belajar: Workshop Implementasi Kurikulum dan Sosialisasi Kurikulum Pesantren**

*Tarogong, 21 Juli 2023* – Kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka dan Sosialisasi Kurikulum Pesantren yang diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Pesantren telah berlangsung dengan penuh semangat dan antusiasme. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Asatid MTs. Persis Tarogong ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dalam rangka persiapan merdeka belajar. Workshop ini menjadi landasan penting bagi para Asatid dalam memahami dan mengaplikasikan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Pesantren dalam kegiatan belajar sehari-hari.

Dengan dipandu oleh Ust. Heri Mulyadi, S.HI, dan Usth. Lia Susanti, M.Pd yang berkompeten di bidang Pendidikan Pesantren, para Asatid diberikan wawasan yang mendalam tentang apa itu Kurikulum Merdeka dan pentingnya memahami Kurikulum Pesantren. Melalui penyampaian materi yang berfokus pada teori dan praktek, para peserta diajak untuk memahami esensi dari kedua kurikulum tersebut.

Menurut Ust. Heri Mulyadi, S.HI, “Baik Pesantren maupun Persis sendiri sedang mencoba untuk menyerap dan kurikulum ini agar bisa digunakan di pesantren, tentunya menyesuaikan dengan ke-khasan pembelajaran yang ada di pesantren.”

Sementara itu, Usth. Lia Susanti, M.Pd menambahkan, “dari kurikulum ini, guru maupun pesantren akan memiliki cukup kebebasan dalam merancang konsep pembelajaran sendiri.”

Dalam suasana yang penuh kolaborasi, para Asatid turut berperan aktif dalam kegiatan ini. Mereka diarahkan untuk menghasilkan berbagai macam administrasi yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Pesantren. Dengan demikian, para Asatid siap melaksanakan pembelajaran yang beragam, kreatif, dan menyenangkan, memungkinkan para santri untuk belajar dengan penuh semangat dan antusiasme.

Kegiatan ini juga menghadirkan perpaduan antara teori dan praktik, memungkinkan para Asatid untuk mencoba secara langsung mengaplikasikan kedua kurikulum tersebut dalam kegiatan belajar sehari-hari. diharapkan melalui workshop ini, para Asatid akan semakin percaya diri dan terampil dalam menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan dan mendukung keberagaman minat serta kecerdasan santri, dan kecenderungan belajarnya.

Hari Jumat, 21 Juli 2023, menjadi saksi atas semangat dan kesungguhan para Asatid dalam mengikuti kegiatan ini. Aula kelas lantai 2 dipenuhi dengan interaksi positif antara para peserta dan pemateri, serta saling berbagi pengalaman dan ide. Harapan Mudir/Pimpinan yang menginginkan workshop ini menghasilkan sesuatu yang dapat diaplikasikan dalam kegiatan belajar sehari-hari terlihat semakin berpeluang besar.

Dengan keseruannya dari ilmu yang telah diperoleh dari workshop ini, semoga para Asatid MTs. Persis Tarogong siap membuka pintu menuju merdeka belajar bagi para santri dengan kegiatan belajar yang lebih variatif dan menyenangkan akan menjadi kenyataan, dan nilai-nilai keislaman serta keagamaan akan tetap terjaga dalam setiap langkah pendidikan di Pesantren ini. Semoga melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, dunia pendidikan semakin mencerahkan masa depan generasi penerus bangsa.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan