Evaluasi & Persiapan, Raker MTs. Persis Tarogong Fokus ke Penguatan Peran

Rapat Kerja Madrasah Tsanawiyah Persis Tarogong tahun 2023 dengan tema “Menguatkan Peran Madrasah Tsanawiyah dalam Membentuk Generasi Tafaqquh Fiddin.”

Tarogong, 28 Juni 2023 – Pada tanggal 22 hingga 23 Juni 2023, Madrasah Tsanawiyah Persis Tarogong menggelar rapat kerja dengan tujuan menganalisis dan menguatkan peran madrasah dalam membentuk generasi yang memiliki pemahaman agama yang baik (Tafaqquh Fiddin). Rapat kerja ini bertujuan untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang harus diambil untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama dan moral siswa.

Acara ini diadakan di Aula Tsanawiyah lantai 2 dan dihadiri oleh para pengajar, staf, dan komite sekolah. Dalam dua hari berlangsungnya rapat kerja, berbagai topik penting dibahas untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama di Madrasah Tsanawiyah Persis Tarogong.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, dibahaslah beberapa arah kebijakan yang harus diperkuat. Pertama, penguatan sholat berjamaah. Sholat berjamaah dianggap penting untuk membentuk kebiasaan beribadah yang baik pada siswa. Dengan meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan dalam melaksanakan sholat berjamaah, diharapkan siswa akan terbiasa untuk melaksanakan ibadah secara teratur dan terarah.

Kedua, perbaikan cara berpakaian. Penampilan merupakan cermin dari karakter seseorang. Oleh karena itu, Madrasah Tsanawiyah Persis Tarogong berkomitmen untuk mendorong siswa agar berpakaian sopan dan sesuai dengan nilai-nilai agama. Melalui pembinaan dan pengawasan yang baik, diharapkan siswa akan terbiasa memakai pakaian yang rapi dan mencerminkan kesederhanaan.

Ketiga, peningkatan berakhlaqul karimah. Moral dan etika merupakan aspek penting dalam membentuk generasi yang berkualitas. Dalam rapat kerja ini, dibahas berbagai upaya untuk meningkatkan pembinaan karakter dan berakhlaqul karimah pada siswa. Diharapkan dengan penerapan nilai-nilai etika yang baik, siswa akan menjadi generasi yang memiliki perilaku dan sikap yang terpuji.

Keempat, kesadaran untuk berkata baik dan mengurangi berkata-kata kasar. Dalam menghadapi perkembangan teknologi dan media sosial, siswa perlu diberikan pemahaman tentang pentingnya berbicara dengan kata-kata yang baik dan santun. Di dalam rapat kerja ini, dibahas strategi untuk meningkatkan kesadaran siswa dalam berkomunikasi dengan baik dan menghindari penggunaan kata-kata yang kasar.

Terakhir, dibahas pula revitalisasi sarana. Kondisi sarana dan prasarana yang baik akan memberikan pengaruh positif terhadap proses belajar mengajar. Olehh arena itu, dalam rapat kerja ini, dilakukan evaluasi terhadap sarana yang ada di Madrasah Tsanawiyah Persis Tarogong. Kemudian, diambil langkah-langkah perbaikan dan revitalisasi untuk memastikan siswa dapat belajar dalam lingkungan yang kondusif dan nyaman.

Melalui rapat kerja ini, Madrasah Tsanawiyah Persis Tarogong berupaya menunjukkan komitmen dan keseriusannya dalam meningkatkan kualitas adab, akhlaq dan pendidikan, Dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk pengajar, staf, komite sekolah, serta orang tua, diharapkan langkah-langkah yang diambil akan memberikan dampak positif dalam membentuk generasi yang memiliki kecerdasan agama dan moral yang kuat.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan