Artikel: Mukhoyyam Tarbawi (Education Camp) – Membangun Karakter Santri Berkualitas

*Garut, 05 September 2023* – Hari ini, Pesantren Tarogong menggelar kegiatan besar yang penuh makna, “Mukhoyyam Tarbawi” atau Education Camp. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemandirian dan kedisiplinan santri, sambil membentuk karakter yang kuat dengan mengedepankan 5 nilai pesantren yang mendasar.

Pada tahun ini, lebih dari 330 santri Pesantren Tarogong, terdiri dari 152 santri putra dan 178 santri putri, berkumpul untuk menjalani pengalaman yang tak terlupakan di Lemdiklat Menwa Tarumanagara (Bela Negara) Garut. Kegiatan ini akan berlangsung dari Selasa hingga Kamis, mulai tanggal 5 hingga 7 September 2023. Mereka berangkat pada pukul 9 pagi pada hari Selasa dan akan kembali ke pesantren pada pukul 11 pagi di Hari Kamis.

Tema utama dari Mukhoyyam Tarbawi adalah “Mengasah Kemandirian dan Kedisiplinan Santri yang Berkarakter dengan 5 Nilai Pesantren.” Kelima nilai ini mencakup jasadiyyah, fikriyyah, ruhiyyah, sikap tanggung jawab, dan amanah.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Ustad Toni Irfan, S.Pd, mengungkapkan, “Mukhoyyam Tarbawi adalah wadah yang sangat berharga bagi para santri untuk mengembangkan diri dan karakter mereka. Kami percaya bahwa dengan melatih jasadiyyah, fikriyyah, dan ruhiyyah mereka, serta menguatkan sikap tanggung jawab, amanah, dan mahabbah kepada Allah SWT dan lingkungan sekitar, para santri akan menjadi individu yang berkontribusi positif bagi masyarakat.”

Dalam tiga hari ini, peserta akan mengikuti berbagai kegiatan yang dirancang untuk mencapai tujuan ini. Mereka akan diajak untuk bekerja sama dalam tim, mengatasi tantangan fisik dan mental, serta memperdalam pemahaman agama dan nilai-nilai moral.

Kegiatan ini juga menjadi ajang untuk membangun sikap tanggung jawab dan amanah santri. Mereka akan diberi kesempatan untuk mengatur jadwal harian, mengurus diri sendiri, dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan dengan penuh integritas.

Mukhoyyam Tarbawi adalah salah satu program MTs. Persis Tarogong untuk mengupayakan lahirnya generasi muda yang berkualitas, memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, dan mencintai lingkungan sekitar untuk kedepannya. Semoga kegiatan ini akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam perkembangan pribadi dan akademis para santri di masa depan.

Kegiatan ini juga menjadi momen penting untuk membangun sikap kerjasama di antara santri. Mereka akan belajar untuk saling mendukung dan bekerja sama dalam berbagai tantangan dan proyek kelompok.

Para peserta akan mendapatkan kesempatan untuk menguatkan mahabbah (cinta) kepada Allah SWT dan lingkungan sekitar. Kegiatan keagamaan akan menjadi bagian penting dalam jadwal mereka, memberikan ruang untuk refleksi dan mendalamkan pemahaman agama.

Kegiatan ini memiliki dampak jangka panjang yang signifikan. Para santri akan membawa pulang pengalaman berharga, lebih kuat secara fisik dan mental, serta dengan karakter yang lebih kokoh. Mereka akan menjadi individu yang lebih bertanggung jawab dan penuh amanah, siap untuk menjalani peran mereka dalam masyarakat.

Dengan semangat dan tekad tinggi, Mukhoyyam Tarbawi telah dimulai. Pesantren Tarogong dan para santri siap untuk mengejar visi mereka untuk menciptakan generasi penerus yang unggul dan berdedikasi untuk masyarakat dan agama.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan