Musabaqah Tilawah dan Hifdzil Qu’ran

Garut (15/10/2023).
Lembaga THQ Pesantren Persis Tarogong menyelenggarakan kegiatan Musabaqah Tilawah dan Hifdzil Qur’an (MTHQ) untuk para santri MTs. Persis Tarogong. Kegiatan MTHQ berlangsung pada hari Kamis, 12 Oktober 2023, yang diikuti oleh 154 santri. Cabang lomba MTHQ terdiri dari cabang Tilawah dan Tahfidz. Peserta tilawah ada 36 santri RG (putra) dan 35 santri UG (putri), sedangan peserta tahfidz ada 45 santri RG (putra) dan 38 santri UG (putri).

Rina Karina, M.Pd, koordinator THQ MTs Persis Tarogong menyampaikan dalam sambutan pembukaan kegiatannya bahwa tujuan pertama MTHQ adalah ajang meningkatkan motivasi para santri dalam mengkaji al-qur’an, baik tahsinul quran, tahfidz maupun maqamat/lagamnya. Kedua, mengevaluasi diri santri terhadap kekurangan dan kelebihan dalam THQ, santri yang memilik potensi THQ terbaik, bisa diasah kembali dalam kegiatan MTHQ di level lebih tinggi. Ketiga, apresiasi lembaga kepada para santri yang selalu berjuang dalam belajar dan memperbaiki THQ.

Yudi Rusyandi, Lc., Kepala Unit THQ Pesantren Persis Tarogong, menegaskan pula tujuan kegiatan MTHQ, serta mengingatkan peserta agar meluruskan niat mencari ridha Allah Swt. Mengingatkan pula kepada murabi THQ agar bisa menjaga kondisifitas KBM yang berjalan pula.
Isep Syaepudin, S.Ag, mudir MTs. Persis Tarogong, dalam membuka kegiatan MTHQ, berharap kegiatan ini bisa melahirkan lagam khas MTs. Persis Tarogong dari beragam lagam tilawah yang ada digunakan para santri. Beliau pun menyemangati para peserta bahwa, tantangan santri hari ini lebih berat dibanding santri jaman dulu, termasuk mungkin akan ada cibiran “ngapain ikut lomba THQ”, karena kegiatan ini baru pertama dilaksanakan. Agar kita bisa memperoleh hasil yang memuaskan di masa depan, maka kita harus fokus terhadap potensi diri bukan cibiran orang lain atas usaha kita.
Para peserta antusias mengikuti kegiatan MTHQ, adapun peserta yang menjadi juara adalah sebagai berikut:

Juara Cabang Tilawah Putra (RG)

  1. Muhammad Ismail Al Azmi, kelas 9.C dengan nilai 200
  2. Rizpa’i Anggara Bastian, kelas 8.D dengan nilai 198
  3. Ghais Haqy, kelas 8.B dengan nilai 197

Juara Cabang Tilawah Putri (UG):

  1. Aura Haifa Azhar, kelas 9.G dengan nilai 199
  2. Maulan Agniya Rina Putri, kelas 9.G dengan nilai 196
  3. Zahwa Dhiya Irdanovik, kelas 7.I dengan nilai 195

Juara Cabang Tahfidz Putra (RG)

  1. Nadzifassarowil, kelas 9.E dengan nilai 743
  2. Almair Rozan, kelas 8.C dengan nilai 738
  3. Caesar Firdaus Sulaeman, kelas 9.C dengan nilai 731

Juara Cabang Tahfidz Putri (UG)

  1. Khansa Qurotul A’Ayuni kelas 9.I dengan nilai 725
  2. Seira Syahida Kelas 8.F dengan nilai 720
  3. Andini Sri Wahyuni kelas 8.G dengan nilai 705

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan