Tahun ajaran baru dimulai, MTs. Persis Tarogong Laksanakan Kegiatan Taaruf untuk Santri-Baru

Tahun ajaran baru dimulai, MTs. Persis Tarogong Laksanakan Kegiatan Taaruf untuk Santri-Baru

Membentuk Santri Berkarakter Mandiri dan Tafaqquh fiddin Melalui Kegiatan Taaruf Santri Baru 2023

Senin-Kamis, 17 Juli 2023

Madrasah Tsanawiyah – Dalam rangka menyambut santri baru yang baru saja memasuki sekolah, Madrasah Tsanawiyah mengadakan kegiatan Taaruf Santri Baru 2023. Kegiatan perkenalan ini bertujuan untuk memberikan kesan positif kepada para santri baru tentang sekolah/madrasah serta membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru.

Kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari, dimulai dari Senin hingga Kamis, 17 Juli 2023. Tempat pelaksanaan kegiatan berpusat di Gedung Aula Syihabudin dan sekitar lingkungan Madrasah Tsanawiyah. Acara ini dihadiri oleh Mudir Tsanawiyah, Mudir Muallimin, dan Pimpinan Pesantren yang turut menyampaikan pesan penting kepada para santri baru.

Pimpinan Pesantren menekankan pentingnya memanfaatkan momen kegiatan Taaruf ini sebagai sarana perkenalan dengan semua elemen yang ada di sekolah. Pesan beliau mengingatkan para santri baru untuk tidak hanya berkenalan dengan sesama teman sekelas, tetapi juga dengan guru-guru dan staf yang terlibat dalam aktifitas belajar sehari-hari. Tujuannya adalah untuk membentuk interaksi positif dan memberikan kesempatan kepada santri baru untuk memperluas jaringan sosial mereka.

Kegiatan Taaruf Santri Baru 2023 juga bertujuan untuk membantu santri baru mengenali potensi diri mereka sendiri. Dengan melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan, diharapkan santri baru dapat menemukan bakat, minat, dan potensi yang dimiliki. Selain itu, kegiatan ini juga akan menumbuhkan motivasi pada diri santri baru dengan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.

Selama kegiatan Taaruf, santri baru juga akan dikenalkan dengan lima nilai pesantren, yang menjadi landasan moral dan etika di sekolah ini. Lima nilai tersebut meliputi kejujuran, disiplin, kepedulian, kerjasama, dan tanggung jawab. Diharapkan dengan mengenal nilai-nilai ini, santri baru dapat mengembangkan perilaku positif yang berkarakter.

Mudir Tsanawiyah menyampaikan harapannya agar melalui kegiatan Taaruf Santri Baru 2023, santri baru dapat merasa nyaman dan dihargai di sekolah/madrasah ini. Dalam suasana yang akrab dan penuh kehangatan, santri baru akan diberikan pemahaman tentang peran mereka sebagai santri yang berkarakter mandiri dan tafaqquh fiddin (memahami agama dengan baik).

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para santri baru dapat memulai perjalanan pendidikan mereka dengan semangat yang tinggi, berbekal pengetahuan agama yang kuat, serta memiliki keterampilan sosial yang baik. Madrasah Tsanawiyah berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang bermutu dan mempersiapkan santri-santrinya menjadi generasi muda yang berdaya saing dan memiliki karakter yang kokoh.

 

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan